Pengamat politik dari Universitas Indonesia Ade Reza Hariyadi menerangkan Anies Baswedan bakal kesulitan memenangkan Pilpres 2024 jika tak mau menggalang dukungan dari elemen masyarakat yang lebih luas.

Ade Reza bilang, Anies adalah sosok yang merepresentasikan politik islam. “Kalau tidak bisa keluar dari itu dan menggalang dukungan lebih luas, saya kira dalam ril politik sulit bagi Pak Anies memenangkan kontestasi,” kata Ade Reza saat dikutip Selasa (21/2/2023).
Selain itu, Anies Baswedan juga akan kesulitan raih kemenangan jika menerima dukungan mentah-mentah dari Partai Ummat yang menggaungkan politik identitas.

Ade berpendapat, politik di Tanah Air memerlukan dukungan yang lebih plural, bisa merepresentasikan semua kekuatan politik dan simbol kebangsaan yang lebih luas. Menurutnya, upaya ini yang sedang dibangun oleh Anies.

“Saya kira ini menjelaskan pak Anies mulai mencoba membangun citra politik yang lebih terbuka. Tidak hanya sekedar mainstream politik islam, tetapi juga mempromosikan nilai yang lebih plural, inklusif sehingga bisa memperluas segmentasi dukungan politik,” tandasnya.

">

“https://koma.id/2023/02/21/sulit-menang-pilpres-dukungan-partai-ummat-ke-anies-cuma-dianggap-jadi-beban-karena-usung-politik-identitas/”

Temukan juga kami di Google News.