Puncak – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali beraksi menembaki pesawat sipil milik Asian One jenis Caravan di Bandara Beoga, Kampung Milawak, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Pesawat ditembaki saat hendak mendarat.

“Ya benar KKB di Beoga berulah, mereka menembaki pesawat yang hendak mendarat di Bandara Beoga,” ungkap Danrem 173/Praja Vira Braja Brigjen Sri Widodo ketika dikonfirmasi detikcom, Jumat (14/4/2023).

Kejadian itu pertama kali diketahui aparat di lokasi kejadian ketika mendengar suara tembakan dari arah ujung bandara dengan jarak sekitar 604 meter. Pada saat itu pesawat Asian One dengan nomor penerbangan PK-LTF hendak mendarat, Jumat (14/4) sekitar pukul 06.30 WIT.

“Pada saat mendengar suara tembakan itu langsung direm pos oleh Satgas Pamtas Mobile Yonif R 303/SSM Kostrad yang dipimpin Serda Ritonga. Lalu mereka langsung melakukan pengamanan perimeter bandara,” katanya.

">

Dia mengatakan petugas di lapangan kemudian melakukan pengejaran ke arah bunyi tembakan. Lalu mengamankan Pilot pesawat Asian One PK-LTF Capt Jonatan.

“Pilotnya Capt Jonatan berhasil diamankan. Lalu ketika dicek ditemukan ada 2 lubang bekas tembakan pada bandan pesawat bagian samping kiri atau tempat penyimpanan cargo,” ujarnya.

Sri menegaskan kini aparat keamanan TNI-Polri sedang melakukan siaga 1 di Distrik Beoga. Guna mencegah gangguan keamanan susulan yang dilakukan oleh KKB kepada masyarakat.

“Kini situasi keamanan baik di bandara maupun di Distrik Beoga telah berhasil dikendalikan. Para kelompok KKB telah berhasil dipukul mundur ke tempat yang lebih jauh,” pungkasnya.

Temukan juga kami di Google News.