Tvkoma.id , Jakarta – Pasca Pemilu 2024, Aliansi Muda untuk Demokrasi (AMUK RI) mengajak masyarakat mengambil sikap saling merangkul, dan legowo menerima hasil Pemilu serta melakukan rekonsiliasi.

“Hasil Pemilu 2024 sudah ditetapkan oleh KPU, dan saatnya setiap kubu sama-sama saling menunjukkan sikap damai demi keharmonisan kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegas Ketua AMUK RI, Priskolin, hari ini.

Menurutnya, rekonsiliasi pasca pemilu sangat diperlukan dalam membangun Indonesia menjadi negara maju. Kata dia, masyarakat perlu didorong untuk menempatkan persatuan di atas segala perbedaan, menjadikan hasil pemilu sebagai landasan bersama untuk membangun bangsa bersama-sama.

“Rekonsiliasi pasca pemilu adalah investasi jangka panjang untuk masa depan Indonesia yang semakin maju, kokoh dan bersatu,” ucapnya.

">

Makanya, lanjut dia, disini pemuda memiliki peran strategis bukan hanya sebagai garda depan kontrol demokrasi, tetapi juga sebagai jembatan untuk merawat kerukunan, keutuhan, dan keakraban warga negara.

Apalagi, kata dia, polarisasi di masyarakat bawah akibat imbas dari konflik politik kalangan elite atas masih bergulir akibat narasi-narasi propaganda terus muncul di ruang-ruang publik hingga maya.

“Saat ini masyarakat dan elite mestinya berusaha mendinginkan suasana politik dengan cara menyampaikan narasi menyejukkan,” pungkasnya.

Temukan juga kami di Google News.