Tvkoma.id – Beredar sebuah unggahan video dengan narasi yang menyebut Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun Panji Gumilang tewas ditembak aparat.

Dilansir dari kompas.com, berdasarkan hasil penelusuran, thumbnail video tersebut identik dengan gambar yang ada di laman tribunnews.com berjudul “Terungkap Alasan Kenapa Ada Brimob Bersenjata Lengkap di Bareskrim, Ternyata Permintaan Kabareskrim”.

Dalam keterangannya, gambar itu adalah momen ketika anggota Brigade Mobile (Brimob) bersenjata mendatangi Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia (Bareskrim Polri), Jakarta Selatan pada 6 Agustus 2022. Gambar tersebut tidak berkaitan dengan narasi Panji Gumilang ditembak aparat.

Narator dalam video hanya membacakan artikel di laman populis.id yang berjudul “Siap-siap! Mahfud MD Tindak Siapapun yang Melanggar Terkait Ponpes Al Zaytun, Termasuk Panji Gumilang”. Artikel tersebut memuat pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang menyebut pemerintah tengah mengumpulkan data untuk menentukan nasib Ponpes Al-Zaytun. Sampai saat ini tidak ditemukan informasi valid bahwa Panji Gumilang tewas ditembak aparat.

">
Temukan juga kami di Google News.