Tvkoma.id – Koordinator lapangan aksi 203 yang getol menolak tim nasional Israel bertanding di Indonesia, Husein, menyatakan rasa syukurnya setelah FIFA resmi membatalkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia .

“Alhamdulillah kami bersyukur Piala Dunia U-20 di Indonesia dibatalkan secara resmi oleh FIFA,” kata Husein seperti yang dilansir dari Tempo, (30/03/2023).

Diketahui, Aksi 203 sejak awal menolak kehadiran timnas Israel berlaga di Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di Indonesia. Pemerintah Indonesia, sejak awal, telah memberikan jaminan keamanan atas kedatangan timnas Israel.

“Ini yang dari awal kita keras menolaknya,” kata Husein.

">

Husein mengatakan mereka hanya menolak kedatangan timnas Israel dan bukan pada penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

“Sebenarnya jujur yang kita tolak bukan Piala Dunia U-20 nya yang saat ini Indonesia selaku tuan rumah. Karena dari segi ekonomi dan posisi Indonesia di mata dunia serta lainnnya, itu sangat menguntungkan,” ucapnya.

Namun setelah Indonesia dibatalkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, kata Husein. Tim aksi 203 sudah tidak melakukan tuntutan lagi.

“Dengan pembatalan ini, maka secara otomatis, kita hentikan semua tuntutan kita. Sekali lagi kami bersyukur, Alhamdulillah ini semua adalah berkah, anugrah dan pertolongan dari Allah,” tukasnya.

Bagi Aksi 2023, penerimaan tim nasional Israel dianggap sebagai pengkhianatan terhadap konstitusi dan menyakiti bangsa Palestina yang saat ini masih dijajah.

“Semoga ini bisa menjadi hikmah bagi siapapun yang menjadi pemerintah, jangan sekali-kali menerima kedatangan negara penjajah Israel secara resmi apapun acaranya. Karena itu adalah penyelewengan dan pengkhianatan terhadap konstitusi,” katanya.

Sebagai informasi, Senin 20 Maret 2023 lalu, ratusan massa dari Front Persaudaraan Islam (FPI), Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF), dan alumni 212, memadati Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat menggelar demo menolak kedatangan Timnas Israel ke Indonesia untuk mengikuti Piala Dunia U-20 2023.

Husein menjelaskan massa menolak kedatangan Timnas Israel karena Israel masih menjajah Palestina, bahkan membunuh.

“Bukan hanya yang bertembung, tapi rakyat sipil pun, termasuk ibu-ibu dan anak-anak tidak luput dari aksi kekejian dan kebiadaban dari zionis Israel,” ucapnya.

Mereka menganggap pemerintah Indonesia akan menyakiti perasaan Palestina apabila menerima kedatangan Timnas Israel di Piala Dunia U-20. Sebab, Palestina adalah salah satu negara Islam yang mengakui Indonesia di awal kemerdekaan.

Temukan juga kami di Google News.