tvkoma.id – Presiden Partai Buruh dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal mengatakan pihaknya akan melakukan sejumlah pra-kondisi sebelum mogok kerja nasional menolak UU Cipta Kerja. Salah satunya adalah long march jalan kaki dari Bandung ke Jakarta.

Ia menuturkan aksi ini merupakan bentuk penolakan kaum buruh terhadap pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja atau Perpu Cipta Kerja menjadi undang-undang atau UU Cipta Kerja.

“Kami telah memutuskan long march jalan kaki dari Bandung Jakarta sebagai pembuka mogok kerja nasional,” tuturnya dalam konferensi pers virtual pada Jumat, 24 Maret 2023.

Said Iqbal berujar aksi long march ini akan dilakukan setelah lebaran, tepatnya pada pekan keempat April 2023. Aksi itu, tuturnya, juga akan dilakukan di daerah lainnya seperti Surabaya-Semarang dan Merak-Jakarta.

">

Adapun aksi mogok kerja buruh rencananya akan dilakukan pada Juli-Agustus 2023. Said Iqbal mengatakan aksi mogok kerja nasional itu diperkirakan akan diikuti oleh 5 juta buruh.

Para Buruh, kata Said Iqbal, akan menghentikan proses produksi, keluar dari pabrik, dan bergerak menuju titik aksi yang telah ditentukan.

Buruh yang berada di wilayah Jabodetabek, akan melakukan aksi di depan Istana Negara, Gedung DPR RI, dan kantor Mahkamah Konstitusi. Sedangkan buruh dari wilayah lainnya akan melakukan unjuk rasa di depan kantor-kantor pemerintah dan gerbang pabrik.

Dengan demikian, diperkirakan ada 100 ribu pabrik dan perusahaan yang berhenti berproduksi selama aksi mogok kerja nasional ini. Buruh yang mengikuti aksi ini, menurut Said Iqbal, tersebar di 38 provinsi, lebih dari 400 kabupaten dan kota.

Buruh yang akan melakukan aksi mogok kerja nasional ini, kata Said Iqbal, berasal dari sejumlah sektor. Di antaranya sektor elektronik, otomotif, baja, besi, perkebunan, transportasi, energi, pertambangan, percetakan, penerbitan, media, informasi, farmasi, kesehatan, tekstil, garmen, sepatu, hingga makanan dan minuman.

 

Temukan juga kami di Google News.